Instruksi Kerja
Model pengelolaan sistem penjamin mutu internal STIKes Santa Elisabeth melalui tahap-tahap sebagai berikut :

Tahap pertama, berdasarkan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan pimpinan menetapkan kebijakan akademik dan standar akademik .
Tahap kedua, berdasarkan kebijakan akademik dan standar akademik yang telah ditetapkan, pimpinan STIKes Santa Elisabeth menyusun renstra yang berisi rencana kerja kegiatan akademik untuk kurun waktu 5 tahun. Penyusunan renstra dilakukan melalui pembahasan pimpinan dengan prodi LPPPM dan penjamin mutu dan Pengurus Yayasan.
Tahap ketiga, berdasarkan renstra yang telah disahkan oleh pimpinan dan Pengurus Yayasan, Pimpinan STIKes Santa Elisabeth bersama Pimpinan prodi LPPPM, SPMI menyusun renop dan anggaran yang berisi rencana kerja kegiatan akademik secara lebih rinci untuk kurun waktu 1 tahun. Pengesahan renop dan anggaran bidang akademik dilakukan oleh pimpinan dan Pengurus Yayasan.
Tahap keempat, berdasarkan renop bidang akademik yang telah disahkan oleh pimpinan dan Pengurus Yayasan, Kepala LPPPM, SPMI dan kaprodi menyusun standar operasional kegiatan akademik. Pengesahan standar akademik ini dilakukan oleh Ketua STIKes
Tahap kelima, berdasarkan renop dan standar operasional akademik yang telah disahkan, kaprodi, Kepala LPPPM, SPMI menyusun ketentuan dan peraturan akademik serta Standard Operating Procedure (SOP) bidang Elisabeth Medan agar dapat menjadi pedoman pelaksanaan akademik di STIKes Santa Elisabeth. Pengesahan atas peraturan/ketentuan dan SOP bidang akademik dilakukan oleh Pimpinan STIKes Santa Elisabeth.
Tahap keenam, secara periodik ( minimal setiap semester ) Pimpinan STIKes, kaporodi, ka LPPPM dan ka SPMI kepala Biro terkait. membuat laporan pelaksanaan kegiatan akademik beserta realisasi anggarannya.
Tahap ketujuh, berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan akademik yang telah dilakukan oleh Pimpinan STIKes, kaprodi, kabiro, ka LPPPM STIKes Santa Elisabeth melakukan evaluasi dengan meminta SPMI melakukan audit.
Laporan hasil audit oleh SPMI akan diserahkan ke Ketua STIKes dengan tembusan Kaprodi Kepala LPPPM, dan kepala Biro terkait.
Laporan hasil audit dan rekomendasi PJM akan dijadikan dasar perbaikan kedepan oleh Pimpinan STIKes Santa Elisabeth dan
Pimpinan STIKes, Kepala LPPMM, kepala SPMI dan kepala Biro terkait melakukan tindak lanjut penyelesaian atau untuk menjadi bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kebijakan, standar, dan peraturan/SOP akademik dimasa mendatang.